Begini Skenario Isolasi Pasien Positif Corona di OKU Jika Melonjak Drastis

Beritatotal.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) membuat skrenario baru soal perawatan warganya yang dinyatakan positif covid-19.

Jika satu pekan ini Hotel Baturaja sebagai satu-satunya tempat yang dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 OKU, untuk mengisolasi pasien terpapar corona.

Antisipasi lonjakan drastis pasien baru yang bisa saja terjadi hingga membuat ruang isolasi di hotel ini penuh, maka sudah disiapkan dua tempat lagi untuk tambahannya.

Hal tersebut dikemukakan Bupati OKU Kuryana Azis yang juga Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 OKU.

Menurut Kuryana, dua gedung cadangan yang sudah disiapkan untuk ruang isolasi pasien corona jika membludak, yakni menggunakan Gedung Lokalitbang Depkes dan Bandiklat Kabupaten OKU.

“Kedua gedung itu kita siapkan sebagai cadangan tempat isolasi pasien isolasi susfect Covid-19 untuk mengantisipasi jika rumah sakit dan Hotel Baturaja penuh,” kata Kuryana, Kamis (30/4).

Tidak itu saja, pemerintah juga telah memikirkan nasib paramedis yang sekarang merawat pasein positif corona di Hotel Baturaja.

Dimana para medis yang bertugas selama ini menginap di hotel yang sama. Untuk lebih memaksimalkan tugas mereka maka parmedis akan ditempatkan di Hotel Harison yang lokasinya berdekatan.

Sekedar diketahui, Hotel Baturaja yang dijadikan RS Darurat Covid-19 OKU saat ada 10 kamar isolasi. Lima diantaranya sudah berisi pasien sejak satu minggu ini. Sedangkan paramedisnya menghuni kamar lain yang ada di hotek ini juga.

Melihat perkembangan situasi terkini yang juga belum menunjukkan tanda-tanda penyebaran corona di OKU menurun bahkan diprediksi akan meningkat korban yang terpapar.

Maka memang dibutuhkan ruang isolasi cadangan agar kedepan tidak keteteran bilamana korban paparan virus berbahaya ini melonjak untuk diisolasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*