Bakal Gelar Seminar Nasional, Pendidikan Islam Butuh Inovasi

PALEMBANG – Terobosan baru terus dilakukan Himpunan Alumni Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Pasalnya, dalam waktu dekat alumni program MPI S2 UIN Raden Fatah ini, bakal menggelar Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Islam pada 18 April mendatang.

“Tema yang kami angkat adalah Strategi Penguatan Manajemen Kelembagaan Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0,” ungkap Ketua Panitia Nur Sodik, S.Pd Senin (24/2).

Ia mengatakan, Himpunan Alumni Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dikenal dengan sebutan HIMMPITARA yang beranggotakan alumni mahasiswa MPI.

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan Islam, tentunya HIMMPITARA terus melakukan kajian-kajian ilmiah, agar mampu merumuskan dan mengembangkan prospek MPI ke depan. “Di era revolusi industri 4.0 ini tantangan semakin kompleks, kita harus siap dari sisi kompetesi hingga infrastruktur pendidikan,” terangnya.

Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Islam yang bakal pada 18 April ini lanjut Nur Sodik, dilatar belakangi dua persoalan besar yang dihadapi bangsa Indonesia. Pertama kata dia, secara internal bangsa Indonesia dihadapi pada krisis multidimensional diantaranya berkaitan domokrasi, persatuan dan kesatuan yang tentunya harus terus diperkuat hingga kualitas pendidikan yang belum menunjukan kemampuan kompetitif.

Kemudian kedua, lanjut Nur Sodik, secara ekstrenal dihadapkan pada pasar global, kemajuan teknologi yang menuntut kompetensi yang inovatif dengan penguasaan networking. “Ini adalah tantangan kita yang harus disikapi dunia pendidikan Islam, tentunya pendidik dan tenaga kependidikan harus mampu mengantisipasi perkembangan informasi teknologi yang tentunya sulit dihindari,” paparnya.

Masih kata Nur Sodik, tujuan seminar nasional ini diantaranya mengembangkan pengetahuan, menciptakan tenagapendidik yang professional, terampil dan meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebagai bagian dari proses peningkatan mutu pendidikan.

 

sumber : OKUKAB.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*